Menjadi Komunikator yang Baik
Sebagaimana telah dijelaskan komunikasi bisnis lingkupnya lebih luas dari sekedar korespondensi dan priklanan. Komunikasi bisnis adalah “Sharing Ideas ini Bisness” maka publik dari komunikasi bisnis mencakup publik internal dan publik eksternal, atau dengan kata lain stakeholders perusahaan. Bagaimana mengirim pesan dalam komunikasi bisnis? Marilah kita melihatnya dari cara pengiriman atau penyampaian pesan.
Oral Communikation, bentuk ini mempunyai keunggulan karena sifatnya yang langsung diterima oleh komunikan, ditunjang oleh mimik wajah dan gerak tubuh akan sangat memperkuat pesan yang disampaikan. Dengan feedback yang langsung dapat dilihat dan dirasakan maka bentuk ini paling efektif.
Keberhasilan komunikasi dengan menggunkan oral, masih dapat ditingkatkan efektivitasnya dengan memperhatikan hal-hal dibawah ini :
1. Pengucapan yang jelas.
2. Bahasa yang lugas dan mudah dimengerti.
3. Kecapatan ucapan yang wajar.
4. Nada dan volume yang tepat.
5. Suasana yang menunjang.
Sebagaimana telah diuraikan, oral Communication mempunyai bebarapa keunggulan yaitu :
1. Pesan dapat diterima dengan cepat.
2. Feedback langsung dapat dilihat.
3. Efektivitasnya lebih tinggi.
Namun demikian oral comunication juga memeliki beberapa hambatan seperti :
1. Hambatan Teknis
2. Hambatan bahasa
3. Hambatan pola salju
4. Suasana/kondisi yang tidak memungkinkan orang menerima komunikasi.
Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam melancarkan Written Communication :
1. Kesiapan alat tulis yang layak dan wajar.
2. Bentuk penulisan
3. Bentuk dan warna hurup.
4. Bahasa penulisan
5. Gaya penulisan
6. Pencetakan yang memadai, baik kualitas kertas maupn kualitas isi, jika dibuat dalam bentuk Newsletter, boklet, leaflet dan sebagainya
2 komentar:
salam kenal... nice blog.... numpang follow ya,,, jangan lupa follow balik di
http://tanjungbunut.blogspot.com
makasih ya.... salam blogger
sip...salam kenal juga, so pasti nanti di follow juga
Posting Komentar